Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar.

Nama pengguna: Kata sandi: Captcha: >
     

     

     

Penulis Topik: PROGRAM YANG DIBUAT SEORANG POLISI INI DIAKUI UNICEF  (Dibaca 465 kali)

harkopt

  • Prajurit Satu (Pratu)
  • *
  • Tulisan: 16
  • Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit
    • Lihat Profil
PROGRAM YANG DIBUAT SEORANG POLISI INI DIAKUI UNICEF
« pada: Pebruari 27, 2016, 11:56:56 am »


Sungguh mulia jasa Brigadir Polisi Piether Paembonan (43). Anggota Babin Kantibmas Polsek Kalukku, Mamuju, Sulawesi Barat ini menggalang 'saweran' untuk menyekolahkan 738 anak putus sekolah.

Lewat program Gerakan Kembali Bersekolah, Piether mencari anak-anak usia sekolah namun tidak bersekolah di pelosok-pelosok Mamuju. Ketika program pertama tahun 2014 lalu, ia mengumpulkan sekitar 178 anak putus sekolah.

Setelah itu, Piether menggagas penggalangan dana sumbangan di Polres Mamuju dengan pemotongan Rp 50 ribu setiap anggota Polres Mamuju. Dari sumbangan rekan-rekannya inilah, Piether mengumpulkan dana sekitar Rp 20 juta untuk menyekolahkan 178 anak putus sekolah dengan rata-rata usia 7-16 tahun di Mamuju.

Dana saweran tersebut kemudian dipakai untuk membeli perlengkapan dan alat sekolah bagi anak-anak tersebut. Adapun biaya sekolah digratiskan oleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) lewat program pendidikan gratis oleh pemerintah.

Setelah itu di tahap kedua, Brigpol Piether lagi-lagi mengumpulkan anak putus sekolah lebih banyak lagi. Tidak tanggung-tanggung jumlahnya ada 560 anak. Rupanya keberhasilannya mengembalikan ratusan anak ke sekolahnya ini, dilirik oleh Pemda Mamuju dan badan yang mengurusi anak PBB Unicef. Akhirnya, program Piether kemudian didanai oleh Pemda Mamuju yang bekerjasama dengan Unicef, BRI dan Yayasan Karampuang.

Menurut Piether, idenya muncul saat prihatin menemukan banyaknya tindakan kriminal yang dilakukan anak usia sekolah. "Salah satu kendala adalah minimnya kesadaran orangtua untuk menyekolahkan anaknya, kalau begitu terpaksa kita ancam orangtuanya dengan UU Perlindungan Anak, akhirnya mereka setuju anaknya sekolah kembali," ujar Piether kepada detikcom di Warkop Sija, Jalan Boulevard, Makassar, Sabtu (16/1/2015).

Berkat programnya ini, Piether meraih penghargaan program Polisi Masyarakat Award tahun 2015 oleh Kabaharkam Mabes Polri dan sempat dikirim ke Jepang pada Juli 2015 melakukan studi banding terkait peran polisi masyarakat di Jepang.

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Frans Barung menambahkan prestasi Piether ini akan dicontoh oleh polisi di daerah lainnya, sebagai polisi berbasis masyarakat.

"Program Brigpol Piether ini telah diakui Unicef dan telah dicontohkan di negara-negara Afrika yang dilanda konflik seperti Kenya dan Nikaragua," ujar Frans.
(mna/aan)


- See more at: http://inspirasi.sosblogs.com/Inspirasi-b1/PROGRAM-YANG-DIBUAT-SEORANG-POLISI-INI-DIAKUI-UNICEF-b1-p13.htm#sthash.7aPrB99u.dpuf
Tercatat

riyo

  • Mayor Jenderal (Mayjen)
  • *
  • Tulisan: 2,919
    • Lihat Profil
Re:PROGRAM YANG DIBUAT SEORANG POLISI INI DIAKUI UNICEF
« Jawab #1 pada: Pebruari 27, 2016, 08:22:30 pm »

mantab bener nih polisi...semoga amalnya mendapat berkah dunia akherat..amin  :2thumbsup:
Tercatat
 

  PRchecker.info